Glitter Words

Senin, 27 Agustus 2012

Detail Kelinci | Flemish Giant

Detail Kelinci | Flemish Giant - Sisi unik yang menonjol dari kelinci jenis ini adalah tubuhnya yang besar. ARBA (American Rabbit Breeders Association ) mengakui ada 7 variasi yang di akui , yaitu hitam,biru,coklat,putih,abu-abu,warna pasir,warna baja,dan putih.

Berat badan induk pejantan biasanya mencapai 5,6 kg. Sedangkan induk betina 6,7 kg. Namun jangan heran jika jenis ini mencapai berat antara 8,5 - 11 kg, bahkan 29 kg.

Asal muasal kelinci ini di perkirakan dari Argentina. Di Argentina pada abad ke 14 -17 di temukan jenis kelinci Patagonia. Kelinci inilah yang di bawa seorang pelaut Belanda pada abad ke 16. Nama Flemish sendiri berasal dari kelinci jenis Flander di Inggris. Orang Inggris menyebut Flander karena mereka sering mengaku memiliki jenis besar itu.


Namun karena jenis Flemish lebih mirip Patagonia, kebanyakan orang lebih mempercayai asal-usul nya dari Argentina. Seorang peternak kelinci Belanda pada tahun 1870 menyatakan, kelinci ini cukup besar dan tidak cantik. Pada masa ini terjadi pembahasan hebat yang memungkinkan Patagonia merupakan nama lain dari Flemish Giant. Jika tidak, kemungkinan besar kelinci ini merupakan sepupunya .

Sampai tahun 1860 tidak ada kepastian asal-usul kelinci ini. Bahkan hingga munculnya Federasi Nasional untuk kelinci di Amerika Serikat pada tahun 1915 pun tidak berani mengklaim asal negeri Flemish Giant. Federasi ini hanya bergerak untuk mempromosikan dan meningkatkan keturunan.

Dalam penampilannya , jenis Flemish Giant menampilkan ukuran tubuh yang lebar dengan bulu kasar dan tulang pinggul yang menonjol. Saat berdiri tegak biasanya mereka tampil khas, tidak terlalu tampan dan cantik, tapi menyenangkan . Ia terlihat sebagai hewan besar yang lugu dan kalem serta nampak sebagai mahluk dewasa . Telinga yang panjang dan sangat tebal menjuntai dan ter kadang membentuk huruf "V" .

Flemish Giant sebagai mana Rex mudah mendengarkan nama pemberian .Dalam beberapa bulan kita menyebut namanya, ia akan ingat dan mengerti bahwa nama itu di tujukan kepada dirinya, Flemish Giant secerdas Rex dalam banyak hal. Mereka juga mengerti bagaimana cara membuang kotoran yang tepat. Jadi kelinci ini paling gampang di ajarin, dan cocok buat peliharaan di dalam rumah loh.

Sebagian besar bulunya berwarna abu-abu gelap dan tampak totol-totol, sementara kepala dan telinga lebih gelap dari sisa tubuh lainnya. Hal ini bukan berarti bahwa kelinci berukuran ini tidak memiliki nilai bulu,dan sangat di hargai karena perdagangan bulu nya, sebagai satu bahan yang berguna untuk industri garmen, dan empat warna dari bulu mereka dapat di jadikan mantel untuk manusia .

Usia kawin Flemish Giant mungkin tergolong telat, yakni baru mulai bisa kawin di atas usia 7bulan - 10 bulan. Produktivitas peranakannya rata-rata melahirkan 6-8 anak. Terkadang juga 10-12 ekor anak.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar